Kebijakan Moneter – Pengertian , Contoh dan Instrumen

Kebijakan moneter – Apakah kebijakan moneter? Sebelum rumus.co.id membahas lebih lanjut, materi yang akan dibahas adalah definisi kebijakan moneter, contoh kebijakan moneter, fungsi kebijakan moneter, dan instrumen kebijakan moneter. Lihatlah penjelasan di bawah ini gaes!

Definisi kebijakan moneter

Kebijakan moneter adalah suatu proses untuk mengatur pasokan uang suatu negara dalam mencapai tujuan-tujuan tertentu seperti: mengendalikan inflasi, mencapai tenaga kerja yang lengkap atau menjadi lebih sejahtera. Kebijakan moneter akan dapat melibatkan aturan tingkat bunga pinjaman, kapitalisasi bank atau bertindak sebagai peminjam perusahaan terakhir atau menyetujui melalui negosiasi dengan pemerintah lain.

Kebijakan moneter pada dasarnya adalah kebijakan yang didasarkan pada pencapaian keseimbangan internal (pertumbuhan ekonomi yang lebih besar, stabilitas harga, pembangunan yang merata) dan keseimbangan eksternal (neraca pembayaran) dan pada pencapaian tujuan ekonomi makro, yaitu pemeliharaan ekonomi stabilisasi yang dapat diukur oleh peluang kerja, stabilitas harga juga merupakan neraca pembayaran internasional yang stabil.

Jika stabilitas suatu kegiatan ekonomi terganggu, kebijakan moneter dapat digunakan untuk memulihkan situasi (tindakan stabilisasi). Pengaruh kebijakan moneter akan terasa pertama kali di sektor perbankan, sehingga akan dialihkan ke sektor riil.

Kebijakan moneter adalah upaya untuk mencapai tingkat pertumbuhan ekonomi yang lebih maju secara berkelanjutan, dengan tetap menjaga stabilitas harga.

Dalam proses mencapai tujuan ini, perusahaan bank sentral atau otoritas moneter akan bekerja untuk mengatur keseimbangan antara jumlah uang beredar dan juga stok barang untuk menjaga inflasi tetap terkendali, peluang untuk pekerjaan penuh dan fluiditas dalam pasokan atau distribusi barang-barang.

Kebijakan moneter dapat diimplementasikan dengan satu, tetapi tidak terbatas pada instrumen berikut, yaitu suku bunga, cadangan minimum, intervensi pada pasar valuta asing dan, pada akhirnya, bagi bank untuk meminjam uang jika terjadi masalah dengan aset likuid.

Contoh kebijakan moneter

  • Kebijakan untuk membuat laporan tunai

Kebijakan moneter berperan dalam mengatur persentase minimum cadangan yang ditemukan di bank berdasarkan jumlah uang yang menyebar di masyarakat.

Pemerintah ingin menetapkan rasio penyajian cadangan minimum sehingga penyebaran uang tidak menjadi berlebihan, sehingga tidak menyebabkan inflasi.

  • Kebijakan suku bunga kredit

Setiap bank tentunya harus memberikan layanan kredit kepada publik. Setoran yang diberikan setiap bulan dengan kredit pasti akan ditambahkan ke bunga yang berlaku.

Jika bank tidak memiliki kebijakan suku bunga, hasilnya adalah perekonomian negara itu tidak akan stabil. Untuk alasan ini, kebijakan moneter bertindak sebagai penentuan suku bunga pinjaman sehingga ekonomi tetap stabil.

  • Kebijakan suku bunga deposito

Kebijakan moneter tentang suku bunga deposito bekerja dengan cara yang sama dengan kebijakan suku bunga pinjaman. Jika pemerintah mengatakan bahwa distribusi uang meningkat, suku bunga simpanan akan dinaikkan. Jika pemerintah mengatakan selisih uang kecil, suku bunga deposito harus dikurangi.

Instrumen kebijakan moneter

  • Buka kebijakan operasi pasar

Kebijakan operasi pasar terbuka adalah salah satu kebijakan yang telah diputuskan oleh Bank Sentral untuk menambah atau mengurangi jumlah nominal uang yang beredar.

  • Kebijakan diskon

Kebijakan diskonto adalah pengurangan atau peningkatan jumlah uang yang telah didistribusikan kepada publik dengan memodifikasi diskon pada bank komersial. Jika bank sentral telah menghitung jumlah uang yang telah diedarkan secara berlebihan, menyebabkan gejala inflasi.

  • Kebijakan cadangan tunai

Bank sentral dapat membuat peraturan untuk menambah atau mengurangi cadangan kas atau rasio likuiditas. Bank-bank komersial akan menerima uang dari pelanggan dalam bentuk deposito, tabungan, deposito, sertifikat deposito, atau jenis tabungan lainnya. Ada persentase yang berasal dari uang yang akan dikirim ke pelanggan dan tidak dapat dipinjamkan.

Demikianlah diskusi tentang pengertian, contoh dan instrumen kebijakan moneter, mohon maaf jika ada pertanyaan mengenai persetujuan dan pembahasan. Semoga bermanfaat🙂

Pendidikan